Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei.Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli rumah KPR tipe 36 perumahan Griya Pesona 2 dan perumahan Lantang Tipo di Pontianak. Dalam menetapkan sampel peneliti menggunakan Purposive sampling dan quota sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 responden. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara ddan studi dekumenter. Uji validitas dan reabilitas digunakan untuk mengukur setiap item variabel penelitian. Analisis data dilkukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif untuk mendeskripsikan variabel penelitian dan teknik analisis regresi berganda, dengan F-test dan t-test untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Tingkat signifikansi dalam penelitian ini adalah 0,05. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa: (1) Secara simultan, produk, harga, lokasi, promosi, bukti fisik, peolpe, proses dan proaktif pelayanan kepada konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pembeli rumah KPR tipe 36 pada perumahan Griya Pesona 2 dan perumahan Lantang Tipo di Pontianak. (2) Secara parsial, produk, lokasi, promosi, bukti fisik, peolpe, proses dan proaktif pelayanan kepada konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pembeli rumah KPR tipe 36 pada perumahan Griya Pesona 2 dan perumahan Lantang Tipo di Pontianak. Namun secara parsial hanya harga yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pembeli rumah KPR tipe 36 pada perumahan Griya Pesona 2 dan perumahan Lantang Tipo di Pontianak